Monday, May 30, 2016

Unknown

Partai politik diminta ajukan calon lain saingan Ahok

Dukungan perorangan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju sebagai calon independen dalam Pilkada Jakarta 2017 terus mengalir.

Namun demikian, seorang peneliti dari LIPI meminta agar partai-partai politik tidak ikut mendukung Ahok dan tetap mengajukan calon lain agar tercipta kompetisi demi demokrasi yang sehat.

Lebih dari 900.000 KTP diklaim telah terkumpul untuk mengusung Ahok sebagai syarat maju lewat jalur independen dan kemungkinan akan terus bertambah melalui acara Teman Ahok Fair di Jakarta, Minggu (29/05) malam.

"Sampai sore ini sudah tembus di angka 925.000. Jadi kurang 75.000 lagi sudah tembus satu juta suara," kata anggota tim ahli jaringan relawan Teman Ahok, I Gusti Putu Artha kepada BBC Indonesia.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan dirinya tetap yakin bisa maju dalam Pilkada 2017 melalui jalur independen. "Dari dulu juga optimis untuk maju lewat independen," katanya kepada wartawan di Jakarta.

Dalam acara Teman Ahok Fair, selain menjaring dukungan, acara tersebut juga menggalang dukungan dana untuk keperluan pencalonan Ahok dalam Pilkada Jakarta tahun depan.

Menurut Putu Artha, dengan mengumpulkan 925.000 formulir dukungan, Ahok telah melampaui persyaratan dukungan calon independen sebesar 532.000.

"Dengan asumsi sudah tembus satu juta (suara), dan kita pikir setelah Juni akan dua kali lipat, berarti 200% dari syarat mininal, maka itu tidak akan tertahankan lagi," katanya.

Pilkada Jakarta akan berlangsung pada Februari 2017 dan persyaratan calon independen diharapkan sudah dilengkapi pada Agustus 2016.

Sejak pertengahan tahun lalu, Ahok telah menggandeng Heru Budi Hartono untuk maju melalui jalur perorangan.

Siapa calon parpol?

Walaupun belum berupa sikap resmi, pimpinan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra di Jakarta mulai menjajaki kemungkinan mengajukan calon pasangan untuk dimajukan dalam Pilkada Jakarta tahun depan.

"Yang sudah bertemu langsung Gerindra dan PKS," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP DKI Gembong Warsono, kepada media, Minggu (29/05). Kemungkinan koalisi ini akan menggandeng PKS dan Partai Demokrat, tambahnya.

Partai Gerindra sejauh ini telah melakukan penjaringan bakal calon gubernur, diantaranya adalah pengusaha Sandiaga Uno. "Saya semakin membuncah, saya melihat warga antusias sekali, warga memberikan dukungan yang riil," kata Sandiaga.

Nama lain yang belakangan disebut-sebut muncul dalam penjaringan bakal calon gubernur Jakarta oleh Partai Gerindra adalah Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin.

Sementara, PDI Perjuangan terus melakukan penjaringan bakal calon dan memunculkan nama-nama seperti politisi Yusril Ihza Mahendra.

Adapun Partai Golkar belum menunjukkan sikap resmi, meskipun ketua umumnya yang baru terpilih, Setya Novanto telah bertemu Ahok, awal pekan lalu.

Dan kendati maju melalui jalur perorangan, Ahok sejauh ini telah didukung secara resmi Partai Nasdem dan Partai Hanura.

Calon lain demi demokrasi

Namun demikian, peneliti LIPI Siti Zuhroh meminta agar partai-partai politik tidak ikut-ikutan mendukung Ahok. Dia meminta agar mereka mengajukan calon lain agar tercipta kompetisi demi demokrasi yang sehat.

"Jangan sampai di DKI Jakarta, partai-partai politik berbondong-bondong hanya mendukung Pak Ahok. Ini tidak bagus," kata Siti Zuhroh kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Minggu (29/05) malam.

Dalam sistem demokrasi, katanya, intinya adalah kontestasi dan kompetisi. "Kalau tidak ada kontestasi, dan hanya cukup menyatu mendukung calon tertentu, itu sama dengan membunuh kontestasi," jelasnya.

Dan ketika Basuki Tjahaja Purnama memilih jalur independen, menurut Siti Zuhroh, partai-partai politik sepatutnya tidak ikut-ikutan mendukungnya.

"Karena kehadiran calon independen itu 'kan mentrigger agar parpol mampu menurunkan calon terbaiknya dalam pilkada," tandasnya.'

Itulah sebabnya, dia menyambut postif ketika sejumlah partai politik mulai melakukan penjaringan bakal calon gubernur Jakarta 2017.

sumber : bbc.com

Subscribe to this Blog via Email :