Tuesday, May 24, 2016

Unknown

Google Ingin Komputer Bisa Hasilkan Karya Seni

Peneliti di balik Google Play Music, Douglas Eck, tengah bereksperimen mengembangkan kemampuan agar komputer menciptakan karya seni dan musik mereka sendiri.

Bersama tim Google Brain, Eck tengah bersiap untuk meluncurkan Magenta pada 1 Juni mendatang. Project ini akan memanfaatkan platform AI open-source Google, TensorFlow, untuk menciptakan algoritma yang dapat menghasilkan musik.

Eksperimen ini didasari rasa ingin tahu Eck dalam memanfaatkan model pembelajaran mesin generatif untuk menciptakan media yang menarik. Selain itu, lanjut Eck, ia juga tengah mengembangkan cara untuk menghadirkan aspek lain dari proses kreatif menjadi lebih menyenangkan, seperti yang dilaporkan The Next Web.

Pada acara Moogfest di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat, Eck juga mengungkap rencananya untuk beralih dari musik ke video dan karya seni visual lainnya.

Menggunakan TensorFlow yang diluncurkan Google pada November lalu, tim di balik Magenta berharap dapat menarik perhatian pelaku kreatif lain untuk bereksperimen dengan teknologi ini dan mengaplikasikannya ke karya mereka.

Eck dan tim juga berencana untuk meluncurkan aplikasi untuk menampilkan musik dan karya seni yang dihasilkan oleh proyek Magenta. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat mengubah opini masyarakat terkait karya seni yang dihasilkan oleh mesin.

sumber : metrotvnews.com

Subscribe to this Blog via Email :